Cara Cek Kualitas Air Tanpa Filter Air di Rumah

Cara Cek Kualitas Air Tanpa Filter Air di Rumah – Salah satu langkah awal yang bisa menunjukkan kepedulian seseorang mengenai kehidupan dan kesehatannya adalah dengan mengetahui kualitas air di rumahnya. Secara khusus, mengetahui kualitas air akan dibarengi dengan usaha untuk mencari tahu kualitas dari air yang ada di rumah. Penggalian informasi ini biasanya berujung pada cara sederhana hingga cara yang cukup rumit serta berbiaya mahal. Namun, kali ini kami akan membahas cara sederhananya. Di mana Anda bisa mengecek kualitas air Anda dari rumah dan bisa dilakukan dengan sangat mudah sekali. Kami akan sajikan secara rinci semuanya dalam artikel tentang cara cek kualitas dari air yang ada di rumah Anda berikut ini.

Ikuti cara cek kualitas air tanpa filter air di rumah secara simpel dan mudah

Cara Cek Kualitas Air Tanpa Filter Air di Rumah

Gunakan strip pH, Nitrat, Besi, dan Tembaga

Untuk mengecek kadar dari masing-masing kandungan, Anda memerlukan strip masing-masingnya. Misalnya, untuk mengecek apakah air yang Anda konsumsi memiliki kandungan pH atau derajat keasaman yang berbahaya atau tidak, Anda bisa menggunakan strip pH atau derajat keasaman. Langkah yang bisa Anda lakukan sangat mudah, berikut penjelasannya;

  1. Siapkan 1 gelas air (bukan air panas, bisa hangat bisa juga dingin)
  2. Celupkan strip yang biasanya digunakan untuk mengecek PH, alkalinitas, dan klorin ke dalamnya
  3. Biarkan strip tersebut terendam selama kurang lebih 5 detik dalam posisi melambai atau mengambang di air
  4. Kibaskan strip tersebut dan hapus air yang tersisa dari strip
  5. Biarkan selama 20 detik
  6. Perhatikan apakah ada perubahan warna pada strip tersebut, kemudian sesuaikan dengan tabel
  7. Anda bisa mencocokkan perubahan warna dengan tabel bahaya dan tidak bahaya selama 10 detik.
  8. Untuk menandai air yang tidak berbahaya, biasanya warnanya abu-abu atau hijau.
  9. Warna merah gelap atau kota biru menandakan air yang berbahaya.

Cara cek kualitas air tanpa filter air ini bisa Anda lanjutkan pada strip lain untuk nitrat, tembaga, dan besi. Lakukan pengamatan untuk masing-masing kandungan tersebut. Bisa juga anda lakukan cara mengecek kemurnian air tanpa penjernih air yang sesuai artikel kami kemarin.

Mengetes hidrogen sulfida dalam air

Selanjutnya, Anda akan kami ajak untuk mengetahui dengan cara mudah apakah air di rumah Anda mengandung hidrogen sulfida atau tidak. Caranya sangat mudah. Yakni dengan menyalakan kran air dingin dan biarkan selama 2 menit. Biarkan air mengalir dan Anda baru siap untuk mencium baunya setelah itu. Jika pada saat Anda mencium air, Anda mencium bau telur busuk, maka ini Anda bisa jadi memiliki masalah dengan hidrogen sulfida. Lakukan hal yang sama untuk keran air hangat. Jika hasilnya sama busuknya, maka tingkat hidrogen sulfida dalam air sudah sangat bermasalah. Maka dari itu, Anda membutuhkan penyaring air yang sudah terbukti seperti Nicofilter.

Demikian cara cek kualitas air tanpa filter air di rumah sebagaimana kami lanssir dari ehow. Semoga bermanfaat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *