Cara Membuat Arang atau Karbon Aktif Filter Air Sendiri

Cara Membuat Arang atau Karbon Aktif Filter Air Sendiri – Karbon aktif memang menjadi salah satu bahan yang biasanya diletakkan di dalam filter air. Beberapa jenis produk water filter meletakkan atau menggunakan karbon aktif ini untuk memurnikan air sekaligus menghilangkan sedimen yang mungkin ada dalam air yang terkontaminasi. Dari sini, membuka kemungkinan juga bahwa pemakai filter air membuat karbon aktif sendiri untuk menjernihkan air di rumah. Agar hemat biaya dan pengaturannya bisa dilakukan secara manual dan kontrol penuh langsung dari pembuat karbon aktif tersebut. Kemungkinan ini bukanlah isapan jempol. Anda memang bisa membuat karbon aktif secara langsung dan kami akan merangkum caranya dalam artikel ini. Silakan simak.

Ini lho cara membuat arang atau karbon aktif filter air sendiri di rumah

Cara Membuat Arang atau Karbon Aktif Filter Air Sendiri

Proses sterilisasi

Sebelumnya, Anda harus mensterilkan dulu wadah yang mau dipakai untuk menyaring air yang terkontaminasi. Proses sterilisasi bisa dilakukan dengan larutan tertentu dengan delapan tetes pemutih dalam satu galon air. Proses sterilisasi ini akan membantu proses selanjutnya. Jadi, proses pertama ini akan sangat penting untuk membuat filter air sendiri menggunakan karbon aktif.

Penyaring pertama

Gunakan kendi kaca untuk menyaring air sehingga dapat diketahui prosesnya dengan lebih baik. Kemudian tempatkan penyaring kopi sebagai penyaring pertama bagi air terkontaminasi tersebut. Jangan lupa, pastikan bahwa penyaring air bisa mencakup ukuran dari kendi dan lubang yang ada di dalamnya.

Beli karbon aktif

Sekarang banyak sekali toko yang menjual arang aktif atau karbon aktif. Anda bisa membeli 2 pon karbon aktif atau arang aktif yang biasanya digunakan untuk akuarium. Setelah Anda membelinya, saatnya Anda untuk merendam arang aktif tersebut ke dalam air selama kurang lebih selama 15 menit atau seperempat jam. Cara membuat arang atau karbon aktif filter air sendiri ini dimaksudkan agar arang atau karbon aktif tersebut memiliki sifat yang jenuh.

Pengisian kendi kaca

Selanjutnya, Anda bisa memasukkan karbon yang telah jenuh tadi ke dalam kendi kaca. Masukkan hingga posisi kendi kaca terisi sebanyak ¾ nya penuh. Biarkan ruangan yang masih sedikit saja di ruangan tersebut. Ruangan ini nanti sebagai ruangan tampungan air saat Anda menyiramkannya. Air yang terkontaminasi adalah yang dimaksud air di sini.

Pengisian air

Selanjutnya, Anda bisa mengisi teko dengan air. Siramkan ke bagian kendi kaca yang sudah terisi dengan karbon aktif. Isi setidaknya ½ bagian kendi dengan air. Nantinya, air yang kotor dan terkontaminasi inilah yang akan mengalirkan air ke bagian bawah dan melewati karbon aktif yang telah jenuh. Di sinilah peran karbon aktif sudah bisa dimulai. Mereka akan menyaring air yang Anda masukkan dalam kendi kaca tersebut.

Dengan cara membuat arang atau karbon aktif filter air sendiri di rumah, Anda bisa menghemat banyak biaya untuk membuat water filter di rumah Anda. Namun, agar lebih aman dan sehat, Anda bisa membeli produk filter air seperti Nicofilter, yang secara praktis akan menyaring air dalam rumah Anda.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *