Filter Air Apa yang Harus Anda Gunakan, Sebuah Rekomendasi

Banyak sekali jenis filter air yang beredar di masyarakat. Hal ini membuat Anda harus memilah dan memilih terlebih dahulu sebelum membeli, agar tidak salah pilih nantinya. Selain pengetahuan tentang sebab kenapa Anda harus memakai water filter, Anda juga perlu mengetahui basis tentang teknologi apa yang digunakan dalam water filter tersebut. Yang dimaksud di sini adalah, pemakaian teknologi pada water filter akan mempengaruhi air yang dihasilkan nantinya. Pemakaian teknologi yang berbeda bisa menghasilkan air yang berbeda atau sama.

Filter air apa yang harus Anda gunakan?

Artikel ini akan membahas tentang tips memilih penyaring air yang sesuai dengan keluarga Anda. Simak.

Filter Air Apa yang Harus Anda Gunakan

Teknologi satu dan kombinasi

Perlu Anda ketahui bahwa penyaring air yang ada di Indonesia menggunakan teknologi yang berbeda. Ada yang menggunakan satu teknologi dan ada juga yang menggunakan kombinasi dari 2 atau 3 teknologi penyaring air. Maka dari itu, saat memilih penyaring air, Anda harus memastikan bahwa produk tersebut sudah memiliki sertifikat standar dari pemerintah atau lembaga independen terkemuka. Kualitas yang bervariasi akan mudah Anda kerucutkan dengan cara ini. Bacalah dengan baik produk yang hendak Anda beli, tentang bagaimana teknologi yang diterapkan untuk penyaringan dan pemurnian air sehingga dapat dijamin bahwa air yang dihasilkan akan bebas dari kontaminan.

Tentang teknologi pemurnian air

Salah satu ilmu dasar saat hendak membeli filter air adalah teknologi pemurnian air yang terbaik. Dasar dari pemurnian air ini, telah kami rangkum dalam beberapa hal berikut ini.

Pertama, karbon aktif

Penggunaan karbon aktif untuk menghilangkan beberapa kontaminan dari air. Karbon aktif juga sangat bervariasi dan memiliki efektivitas yang berbeda-beda satu sama lain. Beberapa karbon aktif hanya dapat menghilangkan klorin dan menghilangkan bau serta rasanya. Sementara yang lain bisa menghilangkan merkuri, timbal, senyawa organik, dan yang lainnya.

Kedua, blok karbon

Menyaring dengan blok karbon juga bisa dilakukan. Cara ini biasanya lebih efektif dari pada karbon aktif karena luas permukaannya berbeda. Efektivitas ini akan tergantung pada kecepatan debit air saat mengalir.

Baca juga cara hidup hemat dengan filter air.

Ketiga, pasir karbon

Mengandung butiran halus dari karbon aktif. Dibandingkan dengan blok karbon aktif, pasir karbon ini memiliki efektivitas di bawahnya. Pasir karbon memiliki luas permukaan lebih kecil ketimbang blok karbon aktif. Selain 3 hal ini, ada metode penyaringan keramik, distilasi, penukar ion, dan yang lainnya.

Keempat, reverse osmosis

Proses reverse osmosis ini mendorong air melalui membran semipermiabel sehingga dapat menghalangi partikel lebih besar dari molekul air. Dengan teknologi reverse osmosis ini, partikel yang tidak disaring oleh karbon aktif, fluoride, dan yang lainnya akan disaring di sini. Maka dari itu, teknologi ini penting dalam penyaring air. Salah satu filter air yang menggunakan teknologi ini adalah Nicofilter. Produk ini sangat aman dan sudah besertifikat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *