Filter Air dan Saringan Air Sederhana untuk Menjernihkan Air

Filter air dan saringan air sederhana biasanya dibuat untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan air keruh, air kuning, dan berbau. Pembuatan saringan air ini menjadi pilihan yang murah dan dipilih oleh sebagian masyarakat yang tinggal di lokasi yang dekat dengan sungai atau rumahnya merupakan bekas dari sawah, ladang, atau yang lain. Tentu saja, banyak masalah air yang dialami, dan salah satu cara terbaik mengatasinya adalah dengan menggunakan penyaring air. Tentang penyaring air ini akan diulas lengkap dalam artikel berikut ini.

Tentang filter air dan saringan air sederhana untuk menjernihkan air yang kuning, keruh, dan bau

Filter Air dan Saringan Air Sederhana untuk Menjernihkan Air

Tentang saringan air

Banyak sekali jenis zat yang bisa digunakan untuk menyaring air, di antaranya tawas, biji kelor, pasir halus, arang tempurung kelapa, ijuk, kerikil, dan batu. Dari sekian banyak metode penyaringan air, tentu akan ada kelebihan dan kekurangannya.

Pertama, tawas

Tawas memang berguna untuk menjernihkan air, akan tetapi akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengendapkan kekeruhan air yang ada dalam air tercemar. Semakin buruk kualitas air, maka semakin lama pula Anda dapat memperoleh air jernih dan bersih dari tawas ini.

Kedua, biji kelor

Kelemahan dari biji kelor adalah ketersediaannya yang semakin langka sehingga sulit didapatkan.

Ketiga, pembuatan saringan

Penggabungan beberapa jenis saringan menjadi sebuah teknik penyaringan air menjadi pilihan yang cukup bijak. Mengingat harganya murah dan hasil yang didapatkan pun bisa lebih maksimal. Zat yang bisa digunakan dalam penyaringan air ini adalah ijuk, pasir halus, arang tempurung kelapa, dan kerikil, serta batu. Cara memasangnya dalam drum adalah dengan urutan sebagai berikut;

  1. Tempatkan batu kali (fungsi, sebagai pengendap) dalam wadah yang langsung diisi oleh sumber air.
  2. Alirkan air pada proses penyaringan yang telah diisi oleh zat-zat dengan urutan dari atas adalah; ijuk, pasir halus, ijuk, pasir halus, arang tempurung kelapa yang bertindak sebagai karbon aktif, kerikil, kemudian batu. Semua zat yang ada dalam wadah penyaring tersebut memiliki fungsi filter air dan saringan air sederhana masing-masing. Seperti misalnya untuk mengendapkan, menjernihkan, dan menarik bahan kimia sesuai dengan kemampuannya.
  3. Alirkan air yang telah disaring dalam sebuah wadah terpisah untuk air bersih.

Filter air solusi lanjutan

Cara penyaringan air dengan sistem sederhana di atas ditujukan untuk penyaringan air yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Ketika ada kandungan bahan kimia dalam air yang Anda pakai, maka penggunaan teknologi yang lebih canggih sangat diperlukan. Misalnya dengan filter air RO atau reverse osmosis yang ada dalam filter air dan saringan air sederhana yang lebih canggih dari Nicofilter. Salah satu produk penyaring, penjernih air, dan water treatment yang sudah memberikan manfaat banyak tidak hanya untuk masyarakat tetapi juga untuk perusahaan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *