Fungsi Serta Manfaat Air Filter Pada Sebuah Mobil

Air filter atau filter udara merupakan salah satu komponen pada mobil yang melekat pada mesin. Meski terlihat sepele, nyatanya komponen yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi mobil kita. Namun kebanyakan pemilik mobil selalu memandang sebelah mata Air filter tersebut dan enggan untuk  merawatnya. Padahal percaya atau tidak percaya, keberadaan serta kondisi Air filter memiliki pengaruh yang cukup besar bagi mesin mobil anda. Lalu sebenarnya apa fungsi dari Air filter tersebut? dan seberapa pentingkah penempatan Air filter pada sebuah mobil? Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Air filter tersebut khususnya fungsi serta manfaatnya bagi sebuah mobil, sehingga anda lebih mengerti mengenai fungsi dan manfaat komponen tersebut.

Selaras dengan namanya, Air filter berfungsi sebagai penyaring udara. Lalu udara apakah yang disaring oleh Air filter tersebut? Pada saat mesin bekerja untuk menghasilkan tenaga guna membuat mobil berjalan, di dalam mesin atau ruang bakar terjadi pembakaran yang berguna untuk menggerakan piston – piston. Gerakan dari piston tersebut yang memungkinkan mobil untuk berjalan. Pada proses pembakaran tersebut dibutuhkan tiga faktor utama yakni bahan bakar, titik api dan terakhir udara. Udara inilah yang disaring oleh Air filter guna menjamin kebersihannya. Mengapa demikian? Pada saat udara tersedot kedalam mesin, ada kemungkinan udara tersebut membawa partikel – partikel kecil yang berpotensi mengganggu proses pembakaran di dalam ruang bakar dan pada akhirnya akan merusak mesin mobil anda.

Dengan adanya Air filter, maka partikel – partikel kecil itupun akan tersaring dan menempel pada Air filter ketika udara yang tersedot ke dalam mesin melewati Air filter tersebut. selain itu Air filter juga berfungsi sebagai peredam suara pada saat udara tersedot ke dalam mesin. Jika tidak ada Air filter, maka proses tersedotnya udara tersebut akan mengeluarkan suara bising sehingga mengganggu kenyamanan anda pada saat mengemudi. Jadi kesimpulannya adalah Air filter memilki fungsi dan kegunaan yang sangat penting bagi mesin mobil anda. Melihat fungsinya yang cukup vital, maka Air filter juga membutuhkan perawatan untuk menjaga peformanya. Umumnya perawatan tersebut dilakukan dengan cara membersihkan Air filter dengan menyemprotnya dengan angin dari kompresor. Pembersihan ini ditujukan untuk menghilangkan kotoran yang telah menumpuk pada Air filter sehingga mengganggu laju udara yang disedot ke dalam ruang bakar. Selain itu Air filter juga memiliki batas masa pakai dan harus diganti. Untuk penggantiannya sendiri tentu berbeda bagi tiap – tiap mobil. Yang menjadi patokan adalah ketika pori – pori pada Air filter telah tersumbat sehingga dapat mengganggu laju udara menuju ruang bakar. Semoga sedikit ulasan tersebut mampu menambah wawasan anda mengenai Air filter serta berguna dalam membantu merawat mobil kesayangan anda.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *