Jenis Filter Air Akuarium

Akuarium merupakan salah satu bentuk pengaplikasian hobi memelihara ikan. Selain merupakan sebuah hobi, penempatan akuarium dalam sebuah ruangan juga dapat menjadikan ruangan menjadi lebih indah dan memancarkan kesan alami saat ruangan tersebut digunakan. Bagi para pecinta ikan, dengan memperhatikan ikan – ikan yang dipelihara sedang berenang bebas di dalam akuarium merupakan hal yang sangat menenangkan. Namun pemandangan yang indah tersebut akan rusak jika air yang berada di dalam akuarium tersebut keruh dan kotor. Untuk itu bagi mereka yang telah memiliki atau ingin memiliki sebuah akuarium wajib mengaplikasikan filter air untuk menjaga kualitas serta kebersihan airnya.

Selain enak dipandang, air yang bersih sangat berpengaruh pada kesehatan ikan – ikan yang dipelihara. Air yang kotor dan keruh dapat membuat ikan menjadi tidak sehat dan pada akhirnya akan mati. Untuk itu dalam kesempatan kali kami akan menjelaskan pada anda mengenai jenis filter air akuarium yang dapat anda jadikan referensi pemilihan filter air untuk akuarium kesayangan anda. berikut jenis filter air akuarium tersebut :

  1. Jenis filter dasar

Jenis filter air akuarium ini berbentuk lempengan yang berlubang. Di dalam lempengan tersebutlah ditempatkan media filter seperti karbon dan serat filter yang dapat menjaga kualitas air akuarium. Jenis filter ini memiliki sebuah selang yang menjulang ke atas dan berguna untuk mengembalikan air yang telah di saring kembali ke dalam akuarium. Dengan begitu jenis filter air ini wajib menggunakan aerator untuk memompa air tersebut. untuk menyamarkan keberadaan filter ini, biasanya lempengan tadi akan ditambahkan beberapa hiasan seperti koral, karang atau hiasan yang lainnya.

  1. Jenis filter air tengah (sudut)

Pada filter ini motor yang memompa air menyatu dengan filternya. Ada dua bagian di dalam filter ini yakni rongga pertama yang berguna untuk menempatkan serta filter dan karbon aktif, serta tempat kedua yang berguna sebagai tempat motor tadi. Untuk bagian pertama dapat dibuka tutup sehingga memudahkan penggantian media penyaringnya dan tempat kedua sudah permanan. Filter ini juga sering disebut filter sudut karena pemasangannya memanfaatkan perekat khusus dan terletak dibagian sudut akuarium.

  1. Jenis filter atas

Untuk akuarium dengan ukuran yang besar, pengaplikasian filter atas merupakan pilihan yang sangat tepat. Aeratorpun digunakan untuk menyedot air dan mengalirkannya menuju filter yang ada di bagian atas akuarium pada saat proses filtrasi. Dengan letaknya yang berada di atas, penggantian media penyaringnya sangat mudah untuk dilakukan.

Semoga sedikit uraian di atas dapat menjadi referensi bagi anda dalam memilih jenis filter air akuarium yang tepat bagi akuarium anda. Dengan memanfaatkan filter air, air di dalam akuarium anda akan tetap bersih dan secara otomatis akan menjaga kesehatan ikan anda.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *