Jenis Filter Air dan Fungsinya

jenis filter air dan fungsinya adalah salah satu hal yang harus difahami betul mengingat kebutuhan akan air bersih merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Menggunakan air yang memenuhi standar kebersihan dan kesehatan air tentunya akan sangat berpengaruh pada kehidupan anda sehari – hari. Bayangkan saja jika anda menggunakan air yang kotor dan mengandung zat – zat berbahaya untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari seperti mencuci, membersihkan diri, minum dan lain sebagainya. Bila seseorang nekat menggunakan dan mengkonsumsi air yang tidak memenuhi standar kesehatan maka lama – kelamaan tentu akan mempengaruhi kesehatan. Untuk itulah filter air diciptakan sehingga membantu anda dalam mendapatkan suplai air yang sehat dan bersih.

Jika dipetakan menurut fungsinya, filter air dibedakan menjadi dua saja. Berikut ini adalah jenis filter air dan fungsinya :

  1. Filter air bersih

Filter air bersih merupakan jenis filter air yang paling umum digunakan baik untuk rumah tangga maupun industry. Filter air ini hanya bertujuan untuk menjernihkan serta menghilangkan zat berbahaya yang mungkin terkandung di dalamnya. Maksutnya jenis filter air bersih ini sudah memenuhi standar kebersihan sebuah air, namun untuk mengkonsumsinya anda harus memprosesnya kembali dengan cara dipanaskan (dimasak). Media penyaring yang digunakan pada jenis filter air bersih ini adalah karbon aktif, zeolite ataupun resin.

  1. Filter air Reverse Osmosis (air sehat)

Kenapa jenis filter air ini disebut sebagai jenis filter air yang sehat? System reverse osmosis merupakan tekhnologi tertinggi dari system filtrasi yang mampu menghasilkan air dengan tingkat kemurnian 95% dan sudah memenuhi standar kesehatan air serta sangat aman untuk dikonsumsi. Reverse osmosis menggunakan tekhnologi khusus berupa membrane dengan ukuran 0,0001 micron sehingga sangat efektif dalam menyaring berbagai virus, bakteri, kuman maupun partikel asing lainnya sampai ukuran yang terkecil. Dengan begitu air hasil filtrasi tekhnologi ini dapat langsung anda konsumsi tanpa perlu dimasak lagi. System filtrasi reverse osmosis sering digunakan pada depot – depot pengisian air isi ulang karena telah memenuhi standar kesehatan. Selain digunakan untuk rumah tangga, system filtrasi ini juga mampu diaplikasikan dengan skala industry.

Itulah sedikit pengetahuan mengenai jenis filter air dan fungsinya. Dengan membaca sedikit ulasan di atas, diharapkan anda semakin mengerti mengenai filter air yang sangat berguna dalam memberikan suplai air bersih untuk kehidupan anda. air yang bersih dan sehat tentunya akan menunjang serta meningkatkan kualitas kesehatan anda beserta keluarga. Jangan sampai anda tidak mempedulikan kesehatan air yang anda gunakan karena pengaruhnya yang begitu signifikan bagi kehidupan anda. semoga ulasan tersebut bermanfaat dan selalu pastikan kesehatan air yang anda gunakan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *