Jenis Filter Air Isi Ulang

Air minum isi ulang saat ini banyak dipilih oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air minumnya. Untuk itu baik pengusaha depot isi ulang air minum atau para pelanggan harus benar – benar memperhatikan kesehatan air minum dari depot tersebut. Sebagai air yang dikonsumsi setiap hari, maka air yang bersih dan sehat mutlak menjadi hal terpenting yang harus terpenuhi. Jangan sampai depot air isi ulang langganan anda tidak menjamin kesehatan air isi ulang tersebut karena tentu akan berdampak negative bagi kesehatann tubuh. Untuk itu dalam kesempatan kali ini akan di bahas mengenai jenis filter air isi ulang yang dapat berguna bagi anda para pemilik depot air isi ulang maupun bagi anda yang menggunakan jasa depot air isi ulang tersebut.

Pengolahan air pada depot air isi ulang menggunakan beberapa cara antara lain pengolahan secara sederhana, pengolahan dengan memanfaatkan saringan pasir lambat, pengolahan dengan menggunakan metode koagulasi serta pengolhan menggunakan biofilter. Beberapa tahapannya antara lain :

  1. Pengolahan pendahuluan

Pengolahan ini meliputi penyaringan bahan – bahan kasar dalam air baku lalu air tersebut disimpan dan akan terjadi proses sedimentasi.

  1. Pembunuhan bahan kimia

Pada proses ini bahan kimia akan dibunuh dengan metode koagulan dan penetral pH serta proses pengadukan dan pengendapan.

  1. Penyaringan

Air hasil endapan tadi akan disaring menggunakan saringan pasir lambat, saringan pasir cepat maupun zeolite.

  1. Proses desinfeksi

Pada proses ini akan terjadi proses desinfeksi yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme dengan menggunakan kaporit, pendidihan atau gabungan keduanya.

Sejalan dengan perkembangan tekhnologi terutama pada tekhnologi pengolahan air, depot – depot isi ulang saat ini telah banyak menggunakan sitem reverse osmosi dalam mengolah air bakunya. System ini menggunakan saringan atau membrane yang memiliki pori – pori sebesar 4 – 10 mikron sehingga dapat menghasilkan air yang mendekati murni karena semua media asing di dalam air akan menempel pada membrane tersebut. Dengan begitu depot isi ulang yang telah menggunakan system ini dapat dikatakan memiliki tingkat kesehatan air yang bagus.

Dalam memilih alat pengolah air ini, sebagai pengusaha harusnya memperhatikan kesehatan air yang akan dijualnya tersebut. Dengan begitu selain mendapatkan keuntungan, para pengusaha tersebut akan menjamin kesehatan air hasil produksinya sehingga para pelanggan tidak akan mengalami masalah – masalah kesehatan. Bagi para pelanggan pastikan anda memperhatikan betul kesehatan air isi ulang yang anda konsumsi. Jangan sampai anda terpengaruh dengan harga yang lebih murah namun air yang anda konsumsi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Semoga artikel mengenai jenis filter air isi ulang tersebut berguna bagi anda untuk mendapatkan air isi ulang yang sehat dan layak dikonsumsi.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *