Jenis Filter Air Rumah

Filter air merupakan salah satu tekhnologi pengolahan air yang bertujuan untk menghasilkan air bersih dalam memenuhi kebutuhan air sehari – hari. Tekhnologi ini di desain sedemikia rupa sehingga mampu menyaring berbagai kotoran, kuman serta bakteri yang terkandung di dalam air sehingga air menjadi lebih bersih. Saat ini tekhnologi filter air menjadi salah satu kebutuhan mengingat tingkat kontamnasi pada air semakin tinggi. Apalagi jika anda hidup di kota – kota besar yang notabene memiliki tingkat pencemaran yang cukup tinggi. Meskipun di Indonesia sendiri penggunaan filter air masih jarag ditemukan, namun melihat kebutuhan akan air bersih semakin meningkat maka pada nantinya tekhnologi ini akan semakin banyak digunakan.

Pada saat ini mendapaan suplai air bersih sangat sulit, apalagi dikawasan perkotaan dan dataran rendah. Pencemaran air saat ini bukan hanya terjadi pada sungai, danau dan sumber air lainnya namun sumur juga dapat terkontaminasi akibat merembesnya zat – zat polutan sampai ke dalam tanah. Untuk itu menggunakan jenis filter air rumah merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan suplai air yang memenuhi standar kesehatan. Beberapa kerugian akibat air yang tercemar antara lain :

  1. Zat besi atau mangan dapat menyebabkan air berbau karat dan berwarna. Dalam hal ini jika menggunakan air untuk mencuci akan membuat baju berwarna kuning dan jika dikonsumsi dapat merusak hati.
  2. Zat – zat organic yang mencemari air akan menimbulkan bau serta rasa yang tidak enak. Selain itu jika mengkonsumsi air tersebut akan menyebabkan perut menjadi sakit.
  3. Zat kapur yang ada pada air tercemar dapat mennggalkan bercak putih oada peralatan memasak, mobil, motor dan peralatan lainnya serta berpotensi merusak ginjal jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.
  4. PH yang rendah di dalam air akan menyebabkan karat serta mampu merubah senyawa kimia tertentu menjadi racun.
  5. Kaporit yang biasa terkandung di dalam air ledeng atau pam dapat menyebabkan kulit cepat kering, menyebabkan karat pada benda logam serta rasanya tidak enak jika dikonsumsi.
  6. Nitrit yang terkandung di dalam air yang tercemar dapat menyebabkan terbentuknya methaemoglobine. Methaemoglobine dapat menghambat suplai oksigen dalam darah.

Untuk menghindari hal tersebut, tentunya penggunaan jenis filter air rumah tentu sangat berguna dalam mengatasi air yang telah tercemar. Meskipun jenis filter air ini hanya berguna untuk membersihkan air saja dan belum dapat langsung dikonsumsi, namun air hasil filtrasi tersebut telah memenuhi standar kesehatan sehingga sangat aman untuk digunakan. Itulah sedikit ulasan mengenai jenis filter air rumah yang dapat kami sampaikan, semoga artikel tersebut berguna dan selalu ingat untuk menggunakan air yang memenuhi standar kebersihan.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *