Jenis Utama Filter Air Akuarium yang Harus Anda Tahu

Jenis Utama Filter Air Akuarium yang Harus Anda Tahu – Air dalam akuarium harus terjaga kebersihan dan kesehatannya selalu. Tidak peduli ukuran akuarium tersebut besar maupun kecil, yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa merawat akuarium dan menciptakan habitat yang baik bagi ikan yang ada di dalam akuarium. Dalam rangka menjaga habitat ini, Anda memerlukan sebuah filter air atau penyaring air yang bisa memberikan manfaat baik untuk air dan ikan yang ada di dalamnya. Namun, agar lebih bijak, Anda pun harus mengetahui filter air terbaik untuk jenis ikan Anda. Paling tidak Anda mengetahui jenis dari filter air sebagaimana akan kami paparkan dalam artikel ini.

Ini dia jenis utama filter air akuarium yang harus Anda ketahui

Jenis Utama Filter Air Akuarium yang Harus Anda Tahu

Jenis filter air akuarium berdasarkan lokasinya

Ada tiga macam akuarium penyaring air akuarium yang dikategorikan berdasarkan lokasi atau peletakannya, yakni;

Pertama, filter air atas

Filter air model ini biasanya diletakkan di atas dan digunakan untuk akuarium dengan ukuran yang cukup besar. Keuntungan menggunakan filter air model dan jenis ini adalah kemudahan dalam mengganti serat aktif dan karbon aktif karena letaknya yang sangat mudah dijangkau. Dua komponen ini sangat penting untuk diganti karena menjadi komponen utama dari filter air akuarium.

Kedua, filter air tengah

Filter ini biasanya terdiri dari dua bagian utama, yakni lokasi serat dan karbon filter dan motor atau penggerak aliran air (baik masuk maupun keluar). Filter air akuarium ini bisa diletakkan di tengah dengan dilengkapi dengan penempel. Dengan penempel ini pula, filter air tengah sangat mudah diletakkan di sudut akuarium Anda.

Kedua, filter air dasar

Lokasi jenis utama filter air akuarium satu ini berada di dasar akuarium dengan bentuk menyerupai lempengan yang berlubang. Di dalam lempengan yang berlubang itulah diletakkan serat dan karbon yang menjadi komponen utama dari filter air dan bertugas untuk memperbaiki dan menjaga kualitas dari air ketika mengalami penurunan. Filter ini juga dilengkapi dengan pipa yang diarahkan ke atas sebagai jalan masuknya air yang sudah disaring dan bersih kembali ke dalam akuarium.

Filter air berdasarkan kontaminan yang disaring

Selain mengetahui tata letak penyaring air akuarium berdasarkan tata letak atau lokasinya, Anda juga harus tahu kontaminan apa saja yang bisa disaring oleh filter air. Biasanya, ada 3 jenis filter air berdasarkan kontaminan yang disaringnya, di antaranya adalah;

  1. Filter air mekanik
  2. Filter air biologis
  3. Filter air kimia

Filter air mekanik berhubungan dengan penyaringan benda-benda asing dalam air. Sementara biologis berhubungan dengan bakteri atau parasit yang ada di dalamnya. Sedangkan untuk kimia dihubungkan dengan bagaimana rasa dan bau dari air yang ada di dalam akuarium Anda.

Meski semua jenis utama filter air akuarium ini penting, yang tidak kalah penting adalah bagaimana Anda bisa mencari filter air yang fungsional sekaligus awet digunakan untuk dalam jangka waktu yang lama. Seperti filter air yang ditawarkan oleh Nicofilter untuk Anda.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *