Membuat Penjernih Air dari Sumber Daya Alam dalam 5 Langkah

Membuat Penjernih Air dari Sumber Daya Alam dalam 5 Langkah – Menjernihkan air ternyata bisa dilakukan dengan cara yang lebih alami. Salah satunya adalah cara praktis yang akan kami bahas dalam artikel ini. Di mana Anda bisa memanfaatkan tenaga matahari dan sumber daya alam lain untuk merebus air dan menghilangkan kandungan yang berbahaya di dalamnya. Cara ini bisa Anda gunakan saat sedang berlibur atau mendaki gunung jika ketersediaan air bersih sangat langka sementara tidak ada alat berteknologi canggih yang bisa mendukung Anda untuk mendapatkan air bersih. Dengan peralatan sederhana yang akan kami bahas dalam artikel ini, Anda bisa mendapatkan air bersih dalam jumlah yang Anda butuhkan tetapi dengan cara yang simpel dan tidak berbelit-belit. Selengkapnya akan kami bahas secara lebih rinci. Silakan simak.

Yuk membuat penjernih air dari sumber daya alam saat berkemah atau saat mendesak lainnya

Membuat Penjernih Air dari Sumber Daya Alam dalam 5 Langkah

Langkah pertama

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyiapkan bahan yang diperlukan. Anda memerlukan botol 3 buah botol air plastik ukuran 2 liter lengkap dengan tutupnya. Anda juga membutuhkan air kotor sebanyak sekitar 6 liter, selembar besi tipis.

Langkah kedua

Selanjutnya, Anda bisa mulai trik mendapatkan air bersih ini dari langkah berikut;

Bilas botol plastik yang Anda miliki hingga bersih. Jangan lupa lepaskan labelnya agar botol plastik Anda menjadi hanya botol saja tanpa penghalang apa pun. Jika ternyata botol tersebut ada yang berlubang, tergores atau yang lain, segera ganti dengan botol yang lebih baik. Jika semuanya sudah dipastikan baik dan bersih, silakan mengisi botol plastik dengan air kotor sebanyak 2/3 botol untuk masing-masingnya. Jangan lupa untuk menutup botol hingga rapat. Baru setelah itu Anda bisa mengocok botol yang Anda miliki selama kurang lebih 20 hingga 30 detik saja. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan saturasi oksigen. Isi lagi botol dengan air kotor hingga penuh.

Langkah ketiga

Siapkan lembar besi atau seng tipis di tanah. Posisikan dengan kondisi yang sejajar dan mudah terkena matahari. Setelah itu, letakkan botol di atas seng tipis tersebut dalam posisi horizontal. Dengan posisi ini, akan sangat mudah bagi air untuk terkena sinar matahari. Akan sangat baik jika lembar seng bisa mengikuti bentuk botolnya.

Langkah keempat

Perhatikan posisi matahari, jika panas terik, Anda cukup membiarkannya selama 6 jam. Namun jika tertutup awan sebanyak 50%, Anda membutuhkan dua hari untuk menjernihkan dan memurnikan air tersebut. Jika sudah, air siap diminum.

Langkah kelima: Studi

Membuat penjernih air dari sumber daya alam ini bisa dilakukan dengan aman sebab sudah ada penelitian yang mendukungnya. Teknik menjernihkan air siap minum menggunakan sinar UV ini disebut SODIS atau Solar Radiation Disinfection. Teknik inilah yang direkomendasikan oleh organisasi kesehatan dunia untuk negara berkembang. Demikian seperti dilansir dari ehow.

Teknik dan cara membuat penjernih air dari sumber daya alam di atas cocok saat-saat tertentu. Sementara untuk kebutuhan sehari-hari Anda bisa menggunakan filter air terbaik seperti Nicofilter.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *