Mengapa Budidaya Ikan Butuh Filter Air Akuarium dan Kolam?

Bukan rahasia lagi jika para peternak ikan akan menggunakan filter air akuarium dan kolam guna menjaga hasil peternakannya. Baik itu ternak ikan untuk konsumsi maupun ternak ikan untuk ikan hias, keduanya akan membutuhkan penyaring air. Tidak tanggung-tanggung, penyaring air yang digunakan pun harus selalu aktif selama 24 jam agar bisa menjamin mutu air yang ada di habitat ikan tersebut sangat baik dan tidak membahayakan si ikan. Dari sini, sudah terkuak sedikit rahasia mengapa banyak orang membutuhkan penyaring air untuk akuarium maupun kolam ikan yang sedang dibuat. Dan untuk memilih sekaligus menguak rahasia lainnya, kami akan memaparkannya dalam artikel ini.

Ini alasan peternak membutuhkan filter air akuarium dan kolam

Mengapa Budidaya Ikan Butuh Filter Air Akuarium dan Kolam

Bakteri juga hama untuk ikan

Tidak hanya manusia, keberadaan bakteri yang ada di air juga menjadi musuh bagi ikan. Jika dalam tubuh manusia saja bakteri bisa mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan, maka apa jadinya jika bakteri tersebut ada di dalam air dan ikut hidup bersama ikan-ikan yang sedang diternak. Tentu saja, kehidupan ikan terancam, selain hasil panen tidak akan memuaskan, bagi ikan hias ini akan mempengaruhi tumbuh kembang atau warnanya yang cantik.

Mutu air

Penyaring air atau filter air memiliki manfaat yang sangat vital dalam kaitannya untuk menciptakan mutu air yang baik bagi para ikan, baik yang ada di kolam maupun yang ada di akuarium. Lantas, mengapa harus setiap saat? Terjaganya mutu air secara berkesinambungan akan menjaga habitat ikan dalam kondisi bersih dan selalu sehat. Sehingga ikan juga akan betah di sana, bisa berkembang biak dengan baik, mutu air juga baik untuk larva yang mungkin lebih mudah mati di lingkungan baru, dan yang lainnya. Mutu air menjadi lokasi mereka bernafas dan menentukan apakah nantinya akan hidup lebih lama atau menyerah dan mati.

Ukuran filter air

Banyak sekali macam filter air akuarium dan kolam di Indonesia, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Pastikan Anda membeli atau memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal spesifikasi hingga ukuran. Yang dimaksud spesifikasi adalah kebutuhan akan filter air yang mampu membersihkan air dari sedimen, logam berat, atau kontaminan lain setelah disesuaikan dengan kondisi air yang ada di rumah Anda sekarang. Sementara itu, dengan ukuran yang pas, Anda akan jauh lebih mudah dalam perawatan ikan Anda, khususnya pada saat membersihkan kolam atau akuarium.

Tahan banting itu penting

Rumus selanjutnya saat Anda memilih filter air adalah yang tahan banting, kalau perlu belilah yang memiliki garansi cukup panjang seperti Nicofilter. Hal ini sesuai dengan pemakaian filter air yang harus digunakan selama 24 jam selama berhari-hari tanpa berhenti.

Itulah beberapa sebab pentingnya filter air akuarium dan kolam bagi para peternak sekaligus tips memilih yang tepat dan awet.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *