Menghilangkan Zat Besi dari Air dengan Filter Air

Menghilangkan Zat Besi dari Air dengan Filter Air – Salah satu kandungan yang umum ada di dalam air sumur atau saat Anda mengebor sumur adalah zat besi. Kandungan zat besi ini sangat mudah dikenali, yakni dengan mencium bau amis dari air atau dengan melihat bagian dari wadah yang digunakan untuk mengisi air. Hal ini sangat wajar terjadi di Indonesia, apalagi bagi daerah yang dekat dengan persawahan. Di mana air yang amis dan teyengen ini sangat mudah sekali ditemukan. Bahkan dalam satu kampung, terkadang hanya ada satu dua sumur yang bisa menghasilkan air bersih yang bebas dari zat besi atau bau amis.

Jangan khawatir, karena kabar baiknya sekarang kemajuan teknologi sudah mampu menjawab tantangan seperti itu. Menghilangkan zat besi dari air dengan filter air kini sudah bisa dilakukan. Filter air ini pun sudah menggunakan teknologi yang aman dan sehat untuk menghasilkan air bersih. Salah satu filter air yang bisa Anda gunakan sekaligus direkomendasikan adalah Nicofilter. Produk ini tidak hanya bisa digunakan oleh perorangan saja melainkan sudah merambah ke perusahaan-perusahaan besar. Kerja sama yang apik dengan partner besar menjadi salah satu bukti kompetensi yang dimiliki oleh produk filter air tersebut. Terlepas dari produk yang akan Anda pilih, Anda sebenarnya juga bisa membuat filter air sendiri di rumah secara sederhana menggunakan alat rumah tangga yang ada di sekitar Anda. Mungkin Anda sudah punya alatnya di rumah. Sayangnya mungkin Anda belum cukup tahu cara mengaplikasikannya. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk melihat bagaimana cara membuat filter air sederhana dari alat rumah tangga untuk menyingkirkan zat besi dari dalam air sumur Anda. Penasaran? Sajian khas kami akan menjawabnya untuk Anda.

Tentang menghilangkan zat besi dari air dengan filter air sederhana dari rumah

Menghilangkan Zat Besi dari Air dengan Filter Air

Siapkan dulu bahan di bawah ini

Agar lebih cepat, Anda bisa menyiapkan dulu bahan-bahan yang akan kami sampaikan di bawah ini;

  1. Botol plastik kosong
  2. Pisau yang bisa digunakan memotong
  3. Kain bersih
  4. Pita yang waterproof
  5. Sedotan
  6. Bubuk karbon aktif atau arang aktif
  7. Pasir halus
  8. Pasir putih ukuran lebih besar
  9. Kerikil
  10. Kerikil besar
  11. Saringan kopi
  12. Cangkir yang bersih
  13. Cotton batting

Langkah

Berikut adalah langkahnya;

  1. Bersihkan botol, potong bagian bawahnya
  2. Ambil bagian atas yang ada tutupnya, kemudian lubangi tutup botol dengan ukuran menyerupai sedotan, jangan terlalu kecil tetapi juga jangan terlalu besar.
  3. Posisikan tutup botol yang sudah dilubangi di bagian bawah
  4. Masukkan lapisan kapas ke dalamnya, disusul ½ inci lapisan karbon aktif, ½ inci pasir halus, ½ pasir besar, ½ kerikil halus, 1 sampai 2 inci kerikil besar
  5. Ulangi layer di poin keempat, lalu tutup dengan saringan kopi hingga botol sudah dipenuhi dengan layer atau penyaring.
  6. Alirkan air dari atas dengan cangkir di bagian bawahnya sebagai wadah air bersih

Itulah cara menghilangkan zat besi dari air dengan filter air sederhana. Semoga bermanfaat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *