Metode Penjernih Air Alami dan Sederhana

Metode Penjernih Air Alami dan Sederhana – Jika saat ini Anda menemui masalah seputar air yang kotor dan tercemar, maka bisa dipastikan kalau saat ini Anda pun sedang mencari solusi atas masalah tersebut. Ya, salah satu solusi yang pasti akan terlintas dalam benak Anda adalah bagaimana caranya supaya air tercemar tersebut bisa kembali bersih, jernih, dan bisa Anda gunakan dengan rasa yang aman dan nyaman. Dan solusi utama yang paling akan Anda cari adalah solusi alami dan sederhana, mengapa demikian?

Ya, solusi inilah yang cenderung lebih alami, simpel, dan tentunya tidak banyak membutuhkan biaya dalam eksekusinya. Bahkan, mungkin Anda tidak memerlukan biaya sama sekali. Tidak percaya? Kami akan ulas satu per satu baik cara simpel maupun cara alami yang bisa Anda terapkan untuk menjernihkan air di rumah Anda itu. silakan disimak.

Kumpulan metode penjernih air alami dan sederhana untuk Anda

Metode Penjernih Air Alami dan Sederhana

Metode penjernihan air alami

Ada setidaknya 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjernihkan air secara alami. Kami akan mengulasnya dalam artikel ini.

Pertama, menggunakan pasir

Pasir menjadi salah satu cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kekeruhan yang ada di air. Pasir halus dan tanah ini juga menjadi media pengolahan air limbah yang akhirnya bisa mendapatkan air jernih setelah melalui tanaman. Anda bisa mencobanya dengan menaruh air kotor dalam sebuah wadah dengan pasir dan tanah di bagian dasarnya. Air yang dihasilkan seharusnya melewati pasir dan tanah tersebut.

Kedua, didihkan

Metode penjernih air alami dan sederhana yang kedua adalah dengan cara mendidihkannya. Air yang direbus secara otomatis akan jauh lebih aman untuk dikonsumsi ketimbang yang tidak direbus. Pasalnya, saat direbus, bahan kimia dan parasit yang terkandung dalam air bisa dihilangkan dan dibunuh. Anda juga bisa menerapkan penyulingan air dari uap air yang dialirkan ke tabung. Memang lebih rumit prosesnya namun juga lebih aman dan bisa menghilangkan kadar garam yang ada dalam air.

Ketiga, menggunakan kain

Selain pasir, Anda juga bisa menggunakan kain untuk menghilangkan kandungan dari dalam air. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menutup keran yang mengalirkan air menggunakan kain dengan serat padat. Semakin tinggi kerapatan serat kain maka semakin sedikit pula air yang akan keluar, namun semakin banyak sedimen air yang akan tersaring oleh kain tersebut.

Metode penjernihan air sederhana

Sudah kami bahas sebelumnya kalau metode penjernihan air sederhana ini terdiri dari beberapa hal, di antaranya adalah distilasi, bleaching, iodin, solar desinfektan, dan filtrasi biasa.

Selain metode penjernih air alami dan sederhana di atas, Anda juga bisa mencoba yang lebih praktis namun sudah dijamin bisa menghasilkan air bersih tanpa bakteri dan sehat, salah satunya adalah pemakaian Nicofilter penyaring air.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *