Tips Memilih Filter Air untuk Budidaya Ikan

Tips Memilih Filter Air untuk Budidaya Ikan – Membudi dayakan ikan sekarang bukan hanya menjadi hobi, tetapi juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan uang atau sebagai peluang usaha. Banyak sekali jenis ikan yang dapat dibudidayakan, mulai dari ikan hias hingga ikan air tawar yang siap untuk dikonsumsi. Perawatannya pun hampir mirip meski terdapat perbedaan. Secara umum, ikan membutuhkan habitat yang sehat dengan air yang jernih dan derajat keasaman sesuai dengan kemauan mereka. Setiap ikan membutuhkan habitat masing-masing, itulah mengapa petani ikan memisahkan kolam mereka berdasarkan jenis ikannya. Supaya ikan dapat bertahan hidup dan mencapai ukuran yang besar sesuai dengan apa yang diinginkan petaninya.

Jika demikian adanya, kebutuhan akan filter air bagi peternak ikan hias dan konsumsi menjadi cukup besar. Dan sekarang semakin banyak tersedia penyaring air di Indonesia dengan merek dan harga yang bervariasi. Sudah pasti Anda kudu pandai dalam memilih agar tidak salah dan tepat untuk ikan hias dan ikan konsumsi kesayangan Anda.

Berikut tips memilih filter air untuk budidaya ikan yang benar dan tepat

Tips Memilih Filter Air untuk Budidaya Ikan

Pertama, mampu menjernihkan

Cara pertama yang bisa diterapkan dalam memilih filter air yang baik untuk membudidayakan ikan adalah dengan memilih yang bisa menjernihkan air. Sudah bukan rahasia jika air keruh mengandung banyak sekali kontaminan dan zat yang membahayakan bagi ikan. Kejernihan air ini bukan tentang keindahan kolam atau tempat budi daya ikan saja. Melainkan juga mempengaruhi tingkat kesehatan dan kandungan dalam air tersebut.

Kedua, membunuh bakteri

Bakteri dalam air tercemar sangat banyak jumlahnya dan tidak bisa dipandang dengan mata telanjang. Bakteri ini akan mengganggu kelangsungan hidup serta tumbuh kembang ikan hias dan ikan konsumsi yang sedang Anda budi dayakan. Maka dari itu, tidak berlebihan jika Anda diminta untuk dapat memperoleh filter air yang bisa berfungsi untuk membunuh bakteri dari air dan mendapatkan air yang lebih sehat.

Ketiga, perhatikan derajat keasaman

Tips memilih filter air untuk budidaya ikan selanjutnya adalah dengan memilih penyaring air yang bisa menghasilkan air sesuai dengan derajat keasaman atau pH yang dibutuhkan ikan tersebut. Ada ikan yang membutuhkan air dengan kondisi asam, kondisi basa, hingga kondisi normal. Jika Anda bisa menemukan alat yang bisa mengatur ini semua, maka tumbuh kembang ikan bisa menjadi prioritas utama yang dapat diwujudkan.

Keempat, keawetan atau masa pakai

Jangan hanya berpikir tentang manfaat dari penyaring air, tetapi pikirkan juga masa pakai atau keawetan dari alat yang Anda gunakan. Semakin awet alat maka semakin mudah pula Anda merawat ikan Anda.

Itulah tips memilih filter air untuk budidaya ikan yang dapat kami sampaikan. Anda bisa menggunakan penyaring air Nicofilter untuk kebutuhan Anda.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *