Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Filter Air

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Filter Air – Masyarakat Indonesia masih ada yang menggunakan air sumur meskipun air PDAM sudah disediakan oleh pemerintah. Alasannya banyak, dari mulai biaya yang terlalu mahal untuk membayar PDAM per bulan atau PDAM yang memang tidak menjangkau daerah mereka. Sayangnya, penggunaan sumur untuk mencukupi kebutuhan air dalam rumah tangga ini menemui banyak kendala. Dari kendala warna (kuning dan keruh), maupun bau air yang sangat menyengat. Sudah pasti, air seperti ini tidak layak untuk dikonsumsi oleh penduduk karena dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit. Untuk itu, diperlukan solusi yang pasti dan memberikan hasil yang maksimal. Apa saja caranya? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Ini dia cara menghilangkan bau air sumur dengan filter air yang harus Anda tahu

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur dengan Filter Air

Jenis sumur yang dipakai

Masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan 2 jenis sumur, yakni;

  1. Sumur konvensional
  2. Sumur bor

Sumur konvensional merupakan sebutan yang digunakan untuk sumur yang dibentuk dari batu bata, bisa berbentuk bulat maupun kotak dengan kedalaman yang bisa dilihat secara kasat mata dari atas. Sekarang, sumur ini juga menggunakan bis beton yang biasanya berbentuk bulat. Sedangkan untuk sumur bor merupakan sumur yang didapatkan dengan melakukan pengeboran di tanah. Biasanya, sumur ini langsung dihubungkan dengan sanyo atau didapatkan dengan alat pompa air.

Penyebab bau pada air

Dua jenis sumur di atas berpotensi menghasilkan air yang bau. Maka dari itu, perlu dilakukan cara menghilangkan bau air sumur dengan filter air. Namun sebelumnya akan sangat baik jika kita semua tahu tentang apa penyebab dari bau pada air. Berikut adalah daftarnya untuk Anda;

Pertama, tercemar bahan pabrik

Biasanya, air yang bau disebabkan oleh pencemaran industri di sekitar lokasi pembuatan sumur. Misalnya, Anda membuat sumur di lokasi yang dekat dengan sungai yang airnya sudah tercemar oleh limbah pabrik. Maka air sumur Anda juga akan ikut tercemar. Memang biasanya air mungkin akan jernih, namun bisa jadi cepat kambuh berbau lagi dan berlangsung seperti itu.

Kedua, bakteri

Penyebab selanjutnya adalah air sumur yang memang mengandung bakteri akibat dari aktivitas biologis yang ada di sekitar lokasi tersebut.

Ketiga, sumber air mengandung unsur kimia

Bahan kimia mungkin menjadi salah satu penyebab terjadinya bau pada air. Salah satu unsur yang paling sering ditemukan adalah besi atau Fe. Pada kondisi ini, biasanya air akan berbau amis. Tidak hanya mengganggu hidung Anda, jika air ini digunakan untuk mencuci pakaian putih misalnya, maka akan meninggalkan bekas seperti berkarat.

Filter air sebagai solusi

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan filter air Nicofilter. Penggunaan penyaring air ini tidak hanya akan menghilangkan bau air sumur saja, tetapi juga bisa digunakan untuk menjernihkan air keruh dan mendapatkan air yang lebih sehat.

Demikian cara menghilangkan bau air sumur dengan filter air yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *