Filter Air Tanah, Pengertian dan Fungsi

Filter Air Tanah, Pengertian dan Fungsi – Air tanah merupakan salah satu sumber air selain dari pada air sungai dan air hujan. Sama dengan air hujan dan air sungai, air tanah juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kehidupan manusia. Bahkan, air tanahlah yang bisa dikatakan menjadi sumber air bagi manusia karena letaknya yang berada di dalam tanah. Air tanah menjadi salah satu yang paling banyak digunakan untuk mencukupi kebutuhan air rumah tangga. Tidak hanya rumah tangga, industri rumah tangga hingga industri besar pun membutuhkan air tanah yang bersih. Dalam artikel ini kita akan lebih dekat memahami tentang air tanah, fungsi, kerusakan dan solusi terbaiknya. Simak ulasannya dalam artikel ini.

Tentang filter air tanah dan fungsinya untuk kehidupan manusia

Filter Air Tanah

Pengertian air tanah

Air tanah merupakan air yang berada di lapisan yang letaknya di bawah permukaan tanah. Pada setiap tempat kedalaman dari air tanah ini memang tidak sama. Tergantung pada tebal dan tipisnya lapisan permukaan serta kedudukan dari air tanah tersebut. Sumur di rumah penduduk merupakan salah satu wujud dari air tanah. Di mana dalam satu desa pun, kedalamannya bisa berbeda. Jika ada yang bisa mendapatkan air tanah yang jernih pada kedalaman 10 meter, di satu lokasi di desa tersebut bisa didapatkan air tanah yang sama dengan kedalaman yang lebih dalam, misalnya 15 meter.

Kelebihan air tanah

Air tanah berbeda dengan air sungai atau air hujan. Di mana air sungai lebih mudah terkontaminasi dengan zat-zat tertentu karena letaknya yang berada di permukaan tanah. Apalagi jika di sekitar lokasi terdapat pabrik dan sungai menjadi tempat pembuangan limbah industri. Kelebihan dari air tanah di antaranya adalah;

  1. Temperatur yang stabil dan konstan
  2. Bisa didapatkan di dalam tanah di mana saja, termasuk saat kemarau
  3. Lebih steril dan tidak mudah terkontaminasi
  4. Tersimpan di lapisan batuan yang terletak di kedalaman tertentu

Namun demikian, bukan berarti bahwa air tanah tidak memiliki risiko untuk tercemar. Karena kemungkinan tercemar masih ada, Anda bisa menggunakan filter air tanah untuk mengatasinya. Sebagaimana diketahui, air tanah terdiri dari dua jenis yang berbeda yakni air tanah dalam dan air tanah dangkal. Dan air tanah dalamlah yang biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

Kerusakan air tanah dan filter air

Ada beberapa faktor yang bisa membuat air tanah menjadi rusak, baik yang dangkal maupun dalam. Di antara faktor penyebabnya adalah;

  1. Penggunaan air dengan tujuan yang sangat beragam
  2. Pemborosan air
  3. Pertumbuhan industri yang berpotensi mencemari lingkungan

Dari faktor penyebab pencemaran air tanah tersebut dibutuhkan sebuah solusi penting untuk tetap bisa mendapatkan air bersih dengan filter air tanah Nicofilter. Filter ini bisa Anda pakai untuk menghilangkan kekeruhan air, penjernihan air, dan menjadi solusi sehat untuk air yang tercemar.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *