Menjaga Kelestarian Sumber Air Bersih dengan Penyaring Air

Menjaga Kelestarian Sumber Air Bersih dengan Penyaring Air – Sumber air di dunia ini memang banyak. Namun tidak semua dapat dikonsumsi dan tergolong sehat untuk tubuh kita. Maka dari itu perlu kiranya dilakukan usaha untuk melestarikan sumber air tersebut agar manusia tetap bisa memperoleh hak air bersih dan bisa mengonsumsinya secara aman dan tetap sehat.

Cara menjaga kelestarian sumber air bersih dengan penyaring air

Menjaga Kelestarian Sumber Air Bersih dengan Penyaring Air

Di mana sumber air?

Di dalam artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang jenis sumber air yang ada 5. Di antaranya air permukaan, air hujan, air tanah, air laut, dan mata air. Dari 5 sumber air tersebut tidak semuanya dapat digunakan sebagai air minum. Kalaupun bisa digunakan untuk minum, maka dibutuhkan proses penyaringan. Misalnya, air minum dari mata air yang harus disaring terlebih dulu sebelum akhirnya dikemas menjadi air minum kemasan yang beredar di pasaran. Jadi, di mana sumber air itu berada? Tentu saja ada banyak sekali air di dunia ini, namun kebersihannya yang tidak bisa dipastikan bisa menciptakan krisis air.

Krisis air, mungkinkah?

Krisis air menjadi salah satu kondisi yang tidak terbantahkan. Namun perlu digarisbawahi, bukan volume air dunia yang krisis, tetapi air volume air bersih yang bisa digunakan oleh manusialah yang semakin langka. Dewasa ini, selama tidak ada kekeringan di muka bumi, jumlah air mungkin masih sangat banyak dan bisa memenuhi kebutuhan. Namun volume air bersih dari sekian banyak air di dunia semakin hari semakin menipis. Faktanya, di daerah-daerah yang dulunya ada air bersih sekarang sudah tidak ada lagi. Atau minimal jumlahnya setiap hari semakin berkurang. Di sinilah hubungan antara sumber air bersih dengan penyaring air terasa semakin erat.

Air yang dulunya bersih dan sekarang menjadi kotor tidak lepas dari pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh manusia lewat pabrik atau yang lainnya. Akibat dari kejadian ini adalah volume air bersih yang berkurang. Artinya berkurang pula sumber air bersih di dunia. Jika dulu air permukaan bersih, jernih dan bisa dimanfaatkan. Sekarang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Bahkan untuk mendapatkan air tanah (dari sumur) Anda mungkin harus menggali lebih dalam lagi. Sebanyak 20 meter untuk mendapatkan air jernih dan bersih tersebut.

Melestarikan sumber air yang bersih

Selain dengan cara menggali lebih dalam air tanah agar mendapatkan air bersih. Anda juga bisa menempuh cara lainnya untuk melestarikan sumber air bersih. Yakni dengan mengolah air yang tersedia menjadi air yang lebih bersih. Anda bisa menggunakan filter air Nicofilter untuk menjernihkan air tersebut. Cara ini bisa Anda tempuh sebagai cara menjaga kelestarian sumber air bersih dengan penyaring air dengan cara mengurangi konsumsi air bersih yang tersedia. Selain itu, tindakan yang tidak mencemari lingkungan juga dapat menjadi solusi paling baik untuk menjaga air tersebut.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *