7 Indikator dan Ciri Filter Air Minum Berkualitas

Jenis filter air minum terus bertambah setiap harinya. Bukan hanya persaingan yang harus kita khawatirkan. Sebab sebagai pembeli yang baik, kita juga dituntut untuk mengetahui mana filter air yang paling baik untuk menghasilkan air minum. Indikator dan ciri filter air yang baik ini tidak beda jauh dari air sehat yang dihasilkan. Dalam artikel ini, kami akan sajikan beberapa indikator dan tanda bagaimana filter air dapat dikatakan baik berdasarkan air minum yang dihasilkan.

Ini dia 7 indikator dan ciri filter air minum berkualitas yang harus diketahui

Indikator dan Ciri Filter Air Minum Berkualitas

Menghasilkan air yang jernih

Air minum yang dihasilkan oleh filter air harus bisa jernih dan tidak keruh lagi. Sebab air jernih menjadi indikator dari air bersih yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Keruhnya air biasanya disebabkan oleh butiran halus debu, tanah liat, atau yang lainnya. Dan filter air yang baik harus bisa digunakan untuk menyaring kandungan ini.

Menghasilkan air yang tidak berwarna

Indikator air bersih selanjutnya adalah air tidak boleh berwarna. Artinya harus bening dan tidak kuning atau warna lainnya yang merupakan penanda dari kerusakan dan tercemarnya air. Filter air yang baik harus bisa menyerap warna air yang tercemar oleh limbah pabrik menjadi lebih jernih dan tidak berwarna.

Menghasilkan pH yang netral

Derajat keasaman juga menjadi poin penting yang perlu dipertimbangkan saat Anda membeli filter air minum. Pastikan bahwa derajat keasaman air yang dihasilkan oleh filter air yang Anda pilih dapat masuk dalam taraf angka yang normal, tidak asam apalagi basa.

Menghasilkan air yang tidak berasa

Bukan rahasia jika air laut berasa asin, dan beberapa jenis air berasa asam, dan yang lainnya. Jika Anda memiliki air seperti ini maka pastikan bahwa filter air yang Anda pilih dapat menyingkirkan rasa pada air tersebut. Air yang tidak memiliki rasa dan menyegarkan menjadi indikator yang baik untuk air sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Bagaimana tingkat kesadahan?

Filter air untuk air minum yang baik seharusnya dapat menghasilkan air dengan tingkat kesadahan rendah. Kesadahan air ini biasanya diakibatkan oleh ion yang terkandung dalam air, bisa magnesium, bisa juga kalsium, atau ion lainnya. Biasanya, air yang mengandung ion seperti besi dan mangan mengakibatkan bau anyir dan ini harus dihilangkan.

Menyingkirkan bakteri dari air

Filter air untuk minum seharusnya bisa menghilangkan bakteri dari air. Salah satu bakteri yang sering ditemukan adalah E. Coli. Di mana bakteri ini biasanya ada dalam kotoran.

Menghilangkan zat kimia

Selain bakteri, zat kimia juga harus dihilangkan dari air yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya diminum. Maka dari itu, saat membeli filter air minum, ada baiknya Anda mencoba terlebih dulu dan menanyakan spesifikasi lengkap sekaligus testimoninya dengan detail. Anda bisa mencoba Nicofilter yang sudah terbukti efektif menghasilkan air minum dengan teknologi reverse osmosisnya.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *