Alat Penjernih Air Sederhana yang Populer, Layak Coba

Alat penjernih air sederhana bisa dibuat sendiri oleh banyak orang secara langsung. Cara ini layak untuk dicoba mengingat ketersediaan air yang bersih dan sehat semakin menipis. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya air rumah tangga yang berwarna, keruh, atau meninggalkan bekas pada peralatan rumah tangga. Tentu bukan rahasia lagi jika dasar bak kamar mandi Anda tiba-tiba berubah menjadi kuning dalam beberapa waktu. Ditambah lagi dengan bau besi yang menyengat yang tentu tidak semua orang menginginkannya. Dua kondisi ini masih diikuti oleh kondisi lain yang tidak saja menjengkelkan tetapi juga bisa mengancam kesehatan Anda. Mengonsumsi air yang tidak sehat bisa berakibat fatal pada kesehatan dalam jangka waktu tertentu.

Nah, jika Anda ingin menghilangkan masalah tersebut, maka alat penjernih air yang sederhana dan bisa dibuat sendiri mungkin bisa menjadi solusi alternatif. Tergantung sampai di mana tingkat endapan dan warna air sumur atau air tanah Anda. Bagaimana caranya? Simak dulu beberapa langkah di bawah ini.

Ini dia cara membuat alat penjernih air sederhana dari alam yang bisa dilakukan

Alat Penjernih Air Sederhana yang Populer

Tahap pertama

Dalam tahap pertama ini Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan untuk menyaring air yang tercemar. Bahan-bahan ini bisa berupa ijuk, kapur, biji kelor, tawas, kerikil, pasir, hingga batu. Namun kali ini, alat penjernih air yang akan Anda buat berbasiskan sekam padi. Itu artinya, Anda harus menyiapkan bahan yang berhubungan dengan sekam padi. Berikut detail alat dan bahan yang harus Anda sebelum Anda membuat penjernih air sederhana;

Arang sekam padi, kerikil, pipa atau selang untuk mengalirkan air, ijuk atau dapat diganti sabut kelapa, drum untuk menampung air dengan diameter 40 cm dan tinggi mencapai 72 cm, dan gentong untuk menampung hasil akhir (air yang sudah disaring).

Sebagaimana diketahui, ada tahapan yang harus dilalui ketika Anda menjernihkan air. Setidaknya, ada tiga tahapan utama, yakni penampungan air dari sumbernya, proses penyaringan, dan penampungan akhir (air yang telah disaring).

Tahap kedua

Pada tahap kedua ini Anda mulai membuat alat penjernih air sederhana. Caranya cukup mudah, pisahkan dulu dalam 2 poin utama. Poin pertama yakni bagian pengendapan sementara poin kedua adalah penyaringan.

Pada bagian pengendapan, Anda harus membuat lubang dengan diameter sesuai dengan diameter pipa air, dengan tinggi lubang adalah 8 cm dari bawah (dengan tinggi drum 72 m). Selanjutnya, pada bagian penyaringan, Anda akan melibatkan gentong. Buatlah lubang dengan diameter sesuai dengan pipa yang Anda pilih dengan tinggi 5 cm dari dasar gentong tersebut.

Tahap ketiga

Buatlah urutan penyaringan dengan urutan alat penjernih air sederhana sebagai berikut;

  1. Taruh kerikil di bagian dasar dengan ketebalan mencapai 10 cm (atau dua kali lubang yang Anda buat di gentong)
  2. Lanjutkan dengan arang dari sekam padi yang sudah Anda siapkan setebal 15 cm
  3. Susul dengan minimal 20 cm ketebalan sabut kelapa atau ijuk

Tahap keempat

Pada tahap keempat ini, Anda sudah siap mengaliri air kotor dalam drum dan menyaringnya dengan sambungan yang Anda buat. Pastikan bahwa drum mengalir dalam gentong dan Anda menyiapkan wadah terakhir untuk air bersih yang didapatkan. Jika cara ini terlalu rumit dan air yang dihasilkan kurang maksimal, Anda bisa menggunakan alat penjernih air sederhana dari Nicofilter.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *