Obat dan Alat Penjernih Air Sumur Bor Tawas Kaporit Batu Gamping

Anda pasti bingung bagaimana caranya menjernihkan air sumur dengan obat dan alat penjernih air sumur bor. Kebingungan anda sepertinya akan segera berakhir karena sudah tiba di halaman yang tepat. Hari ini kita akan mengulas jenis dan macam obat dan juga alat yang sering dipakai untuk menjernihkan air baik yang ada di sumur gali atau sumur bor. Bisa juga diterapkan di tempat penampungan air yang anda miliki seperti pompa air atau tandon air.

Jenis dan Macam Obat dan Alat Penjernih Air Sumur Bor

Obat dan Alat Penjernih Air Sumur Bor

Jenis Sumur

Pertama-tama kita akan membahas dulu jenis sumur yang ada di Indonesia ini. Secara umum ada du jenis sumur yang sering dipakai oleh masyarakat kota dan desa. Jenis ini adalah sumur gali dan sumur bor. Apa bedanya? Sederhananya bisa dilihat dari wujud fisiknya. Sumur gali memiliki diameter besar antara 50 cm – 2 meter. Kedalamannya mencapai 4-10 meter. Untuk mengambil air dari sumur gali biasanya menggunakan ember yang ditarik dengan tali memakai sistem katrol.

Sementara sumur bor adalah sumur yang dibuat dengan menggunakan alat pengeboran. Bisa pengeboran manual atau pengeboran mesin. Kedalamannya mencapai 20an meter. Lebarnya lebih kecil dari sumur gali, di bawah 50 cm. Cara mengambil airnya dengan memakai pompa air manual atau bisa juga mesin pompa listrik.

Obat Penjernih Air

Ada tiga jenis obat dan alat penjernih air sumur bor yang paling sering dipakai untuk menjernihkan air yaitu tawas, kaporit, dan batu gamping.

Tawas

Memiliki nama lain alumunium sulfat. Bahan ini memiliki fungsi untuk mengikat partikel dalam air supaya mengendap di dasar tempat penampungan air. Biasanya dijual dalam bentuk bongkahan dan serbuk. Lebih baik memilih yang serbuk. Toko material adalah tempat yang menjual tawas dengan harga berkisar 2500 – 5000 per kg.

Cara pemakiannya sangat mudah. Pertama ketahui dahulu takarannya. Umumnya 3-5 sendok sudah cukup untuk 1000 liter air. Jadi, ketahui dulu berapa jumlah air di tempat penampungan. Kedua, campurkan tawas 3-5 sendok ke dalam ember berisi air 5 liter. Aduk hingga rata. Setelah itu, masukkan ke dalam penampungan air secara merata. Kalau bisa di aduk juga. Tunggu selama 6 jam.

Baca cara membuat alat penjernih air sederhana dari saringan kain katun, saringan kapas, dan aerasi.

Kaporit

Kaporit berfungsi membunuh bakteri, kuman dan virus. Bahan ini ternyata juga dipakai oleh PDAM untuk menjernihkan air layak minum. Takaran pemakaian hanya sendok makan untuk 1000 liter. Jangan sampai lebih karena bahan ini dalam kadar yang berlebihan bisa berakibat kanker. Prosesnya sama dengan pemakaian tawas.

Batu Gamping

Batu Gamping berfungsi untuk menetralkan pH atau tingkat keasaman air yang berada di angka 6,5 – 8,5. Takarannya sebanyak 3 sendok untuk 1000 liter air. Prosesnya sama dengan tawas.

Mana yang lebih baik?

Gabungan antara tawas dengan kaporit atau batu gamping dengan kaporit merupakan kombinasi yang baik. Jangan mencampurkan ketiga bahan ini.

Namun, kami memiliki obat dan alat penjernih air sumur bor yang sudah terstandar dan berkualitas. Perlu anda ketahui, ada resiko jika memakai 3 bahan di atas yaitu kanker jika kebanyakan takaran. Sementara filter dan penjernih air kami yaitu nicofilter sudah melalui serangkaian pengujian dan pengecekan sehingga airnya benar-benar bersih tanpa bahan dan zat-zat berbahaya. Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

1 Comment

  1. Air sumur bor kami prrtama dialirkan bersih. Tapi setelah menhendap bbrp jam jadi kuning dan bau spt besi

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *