Jenis Filter Air Aquarium

Menempatkan sebuah aquarium baik di ruang tamu, ruang keluarga ataupun kamar merupakan penghias yang menonjolkan sisi alami di dalam rumah. Namun jika air di dalam aquarium menjadi keruh, tentunya pemandangan yang indah seketika akan hilang. Selain merusak pemandangan, air aquarium yang keruh tentu tidak baik bagi ikan kesayangan anda. Mengganti air secara rutin juga bukan merupakan solusi yang tepat karena selain merepotkan, penggantian air secara rutin ini akan menggangu ikan – ikan di dalam aquarium tersebut. Namun di zaman yang serba modern seperti saat ini, masalah air keruh di dalam aquarium dapat di atasi dengan menempatkan filter atau penyaring air untuk menjaga kejernihannya.

Saat ini jenis filter air aquarium dapat dengan mudah anda temui di pasaran. Ada berbagai jenis dan merk filter air aquarium ini. Anda dapat memilih filter air sesuai selera anda. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan sedikit menjelaskan jenis filter aquarium sehingga anda dapat menentukan filter air yang tepat untuk aquarium anda. Berikut jenis filter air aquarium tersebut :

  1. Filter dasar

Jenis filter air aquarium ini biasanya berbentuk lempengan yang memiliki beberapa lubang. Di dalam lempengan tersebut ditempatkan sebuah serat filter serta karbon aktif untuk menjaga serta memperbaiki kualitas air. Melalui sebuah pipa yang menjulang ke atas, air yang telah disaring tersebut dikembalikan ke dalam aquarium. Filter air jenis ini mutlak membutuhkan aerator untuk mengalirkan air tersebut. Untuk menyamarkan filter ini, biasanya di atas filter tersebut terdapat koral atau batu – batuan untuk menambah tingkat estetikanya.

  1. Filter tengah

Jenis filter air aquarium ini biasanya dirancang secara khusus. Motor yang mengalirkan air masuk dan keluar pada filter ini terdapat di bagian dalam filter tersebut. Ada dua bagian di dalam filter ini yakni rongga tempat serat filter serta karbon aktif yang dapat dibuka tutup serta motor yang sudah permanen. Filter ini dipasang dengan menmpelkannya di aquarium dan sering disebut dengan filter sudut karena sering dipasang di sudut aquarium.

  1. Filter atas

Jenis filter air aquarium ini merupakan jenis filter air yang sering digunakan pada aquarium dan sangat cocok di aplikasikan pada aquarium dengan ukuran yang cukup besar. Filter air aquarium ini juga menggunakan aerator untuk mengalirkan air ke dalam filternya. Karena letaknya di atas, maka penggantian serat filter serta karbon aktif sangat mudah untuk dilakukan.

Itulah sedikit uraian mengenai jenis filter air aquarium yang dapat anda jadikan referensi dalam memilih filter air untuk aquarium kesayangan anda. Semoga artikel tersebut berguna bagi anda, dan pastikan anda menggunakan filter air yang tepat bagi aquarium kesayangan anda tersebut.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *