Jenis Filter Aquarium Air Tawar

Mengaplikasikan jenis filter aquarium air tawar merupakan salah satu wujud usaha dalam menjaga kebersihan air di dalam akuarium tersebut. Pengaplikasian jenis filter akuarium air tawar ini sangat berguna karena selain menambah keindahan karena air menjadi lebih bersih, juga dapat menyehatkan ikan – ikan hias air tawar yang anda pelihara. Kualitas serta kebersihan air sangat berpengaruh pada tingkat kesehatan ikan – ikan tersebut. Filter air ini jugalah yang membantu anda dalam menjaga kebersihan akuarium agar terlihat selalu jernih dan bersih. Dengan mengaplikasikan filter air, tentunya anda tidak perlu lagi sering – sering membersihkan dan mengganti air di dalam akuarium anda karena kebersihan air menjadi lebih terjamin dan lebih lama di bandingkan dengan akuarium yang tidak menggunakan filter air.

Peyebab air akuarium menjadi kotor sebenarnya dapat datang dari luar maupun dari dalam aquarium. Misalnya saja kotoran dari luar adalah kotoran dan debu yang masuk ke dalam aquarium. Biasanya untuk mengatasi hal ini kebanyakan aquarium mengaplikasikan tutup khusus di bagian atasnya. Selain itu kotoran – kotoran dari dalam aquarium yang dapat menyebabkan air menjadi keruh adalah sisa – sisa makanan ikan yang tidak termakna oleh ikan peliharaan anda. sisa – sisa makanan tersebut lama – kelamaan akan mengendap dan menyebabkan aquarium menjadi lebih kotor. Selain itu kotoran ikan juga mejadi faktor utama yang menyebabkan air di dalam aquarium menjadi lebih kotor, oleh sebab itulah menempatkan filter air menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi oleh para pemilik aquarium.

Dalam memilih jenis filter air aquarium air tawar ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan fungsi maksimal dari filter air tadi. Berkiut beberapa hal yang harus anda perhatikan :

  1. Ukuran aquarium

Ukuran aquarium sangat mempengaruhi dalam memilih sebuah filter air yang berguna untuk menjernihkan air di dalam aquarium anda. semakin besar aquarium yang anda miliki, maka semakain besar pula filter air yang harus anda gunakan. Jangan sampai anda tidak menyesuaikan ukuran filter air tersebut karena dapat menyebabkan kinerja filter air menjadi tidak maksimal.

  1. Memilih jenis filter air

Ada tiga jenis filter air untuk aquarium yang sering digunakan saat ini. Pertama adalah jenis filter air yang berada dibagian dasar aquarium, filter air yang ada disudut aquarium dan filter air yang ada di bagian atas aquarium. Sebenarnya memilih filter air sesuai selera merupakan hal pertama yang harus dipenuhi, namun memperhatikan ukuran juga menjadi salah satu hal yang sangat penting. Jika ukuran aquarium anda kecil atau sedang, anda dapat menggunakan filter air yang berada di dasar atau filter air sudut. Namun jika anda memiliki aquarium dengan ukuran yang cukup besar, menggunakan filter air yang berada dibagian atas aquarium merupakan pilihan yang paling tepat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *