Pengolahan Air Bersih dengan Filter Air

Pengolahan air bersih dengan filter air sekarang sedang menjalar di kota-kota besar. Teknologi ini sudah digunakan oleh masyarakat yang tinggal di dekat sungai atau yang ada di daerah dengan kuantitas air tercemar cukup banyak. Tidak peduli dari kalangan menengah, menengah ke bawah, maupun menengah ke atas. Kebutuhan akan filter air yang baik untuk mengolah air tercemar menjadi air bersih ini sangat penting. Lantas, bagaimana dengan Anda?

Adalah fakta jika air di Indonesia sudah diolah oleh PAM agar lebih bersih, jernih dan layak untuk dipakai. Namun penggunaan air sumur yang masih banyak di Indonesia mengakibatkan banyak keluarga yang menggunakan air tercemar itu untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, distribusi air yang kurang merata juga menjadi salah satu penyebab kurang meratanya distribusi air bersih. Water treatment dan water filter tentu menjadi solusi yang baik dalam mengatasi masalah ini. Anda ingin tahu bagaimana cara kerjanya?

Berikut pengolahan air bersih dengan filter air

Pengolahan Air Bersih dengan Filter Air

Banyak sekali ilmu penyaringan air sederhana yang ada di Indonesia. Dari penggunaan arang dari tempurung kelapa, ijuk, pasir, kerikil, hingga batu pun bisa digunakan untuk menghasilkan air bersih.

Cara pengolahan air

Dari zat yang digunakan untuk menyaring air dan menghasilkan air tersebut, sebenarnya ada tahap pengelolaan air yang dapat digambarkan secara umum, yakni;

  1. Mengendapkan zat-zat yang membuat air keruh
  2. Menghilangkan kuman dari air yang tercemar
  3. Membuang zat-zat beracun dari dalam air yang tercemar

Tiga tahapan umum yang ada dalam pengolahan air bersih dengan filter air tersebut memungkinkan Anda untuk membuat alat penyaring air sederhana dari gabungan beberapa zat penting seperti ijuk, kerikil, hingga karbon aktif yang dalam hal ini diwakili oleh arang dari tempurung kelapa.

Tahapan lain

Secara khusus, tahapan yang akan dilalui oleh air tercemar hingga mendapatkan air bersih adalah;

Pertama, proses pengendapan

Pada proses ini, material dalam air seperti debu, kerikil, lumpur, atau zat lain yang dapat diendapkan akan diendapkan. Dalam beberapa kasus, zat tawas digunakan dalam pengendapan ini.

Kedua, proses menghilangkan dan menyerap zat kimia dan kuman dari air

Zat-zat kimia dari dalam air harus melalui proses penyaringan yang cukup panjang. Banyak sekali zat yang harus dilewati untuk menghasilkan air yang bersih. Setiap zat memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, karbon aktif yang bisa menyerap bahan kimia tertentu tetapi tidak bisa mengambil mineral dan merkuri dari dalam air.

Maka dari itu, diperlukan solusi yang lebih jitu. Sebab faktanya, tidak semua penyaring sederhana dapat menghasilkan air bersih yang aman untuk dikonsumsi. Pengolahan air bersih dengan filter air Nicofilter menjadi solusi terbaiknya. Selain dapat digunakan untuk kebutuhan, air hasil filterisasi ini juga aman sekaligus sehat untuk dikonsumsi.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *