Cara Simpel Mendeteksi Kandungan Air Tanpa Filter Air

Cara Simpel Mendeteksi Kandungan Air Tanpa Filter Air – Air yang tercemar memang beragam bentuknya, mulai dari masalah kekeruhan, air yang memiliki rasa aneh, hingga air yang berbau besi. Jika masalahnya adalah keruh, memiliki bau menyengat, dan atau rasanya asin atau tidak enak, akan sangat mudah sekali dideteksi karena bisa langsung dilihat dengan mata telanjang. Sementara itu, ada banyak masalah air jernih yang ternyata juga mengandung kontaminan berbahaya. Dan untuk kontaminan yang kedua ini, deteksinya harus di laboratorium atau melalui percobaan sederhana. Kami akan sajikan cara mendeteksinya sederhana agar Anda bisa mencobanya di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Ini dia cara simpel mendeteksi kandungan air tanpa filter air yang tepercaya

Cara Simpel Mendeteksi Kandungan Air Tanpa Filter Air

Sebelum kita membahas tentang cara simpelnya, terlebih dulu Anda harus tahu kalau dengan memilih cara simpel maka data yang akan Anda dapatkan juga sederhana. Berbeda jika Anda memilih memeriksanya melalui laboratorium yang lebih detail data yang dihasilkan dan memiliki hasil kuantitatif yang lebih dapat dipertanggung jawabkan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendeteksinya secara sederhana, karena ada indikator yang masih bisa Anda pakai untuk menentukan apakah air Anda tercemar atau tidak, silakan simak ulasannya dalam artikel ini.

Mendeteksi kandungan kimia

Cara pertama ini dilakukan untuk mendeteksi bahan kimia yang terkandung dalam air, cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan teh, yakni;

  1. Siapkan segelas air teh
  2. Siapkan setengah gelas air biasa
  3. Campurkan segelas air teh dan setengah gelas air biasa
  4. Biarkan dalam wadah terbuka
  5. Taruh di salah satu tempat selama satu malam saja.

Jika sudah dibiarkan, Anda bisa memperhatikan apakah ada minyak di permukaan air teh atau mungkin lendir sebagai cara simpel mendeteksi kandungan air tanpa filter air dari bahan kimia. Selain itu, indikatornya adalah perubahan warna. Di mana warna hitam, ungu, atau warna biru menandakan adanya logam tinggi dalam air tersebut. Kadang Anda juga harus mendiamkan teh lebih lama, karena ada perubahan yang lebih lambat karena kandungan kimia yang tidak terlalu banyak namun tetap tidak aman untuk dikonsumsi.

Baca juga cara mudah mengurangi kandungan klorin  memakai filter air.

Mendeteksi kandungan biologis

Untuk mendeteksi kandungan biologi, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini;

  1. Masukkan air yang hendak diperiksa ke dalam gelas dan tutup rapat
  2. Biarkan air dalam gelas selama 5 hari saja
  3. Periksa apakah ada perubahan

Perubahannya bisa berupa;

  1. Perubahan warna dari hijau, putih, hingga hitam
  2. Perubahan ini menandakan adanya mikroorganisme dalam air dan lebih baik tidak dikonsumsi
  3. Semakin cepat air berubah semakin bahaya pula mikroorganisme yang ada di dalam air tersebut

Jika dalam cara simpel mendeteksi kandungan air tanpa filter air di atas, Anda menemukan kandungan berbahaya baik secara kimia maupun biologis, maka dapatkan penyaring air terbaik seperti Nicofilter untuk menghilangkan kandungan tersebut dan mendapatkan air yang lebih sehat.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *