Sistem dan Teknik Penjernihan Air Sederhana

Ada banyak sistem dan teknik penjernihan air sederhana. Yang paling simpel sudah pernah kita bahas di artikel cara membuat alat penjernih air sederhana. Namun itu masih belum cukup memenuhi kualitas air yang bersih. Nah, kali ini kami akan berikan panduan teknik penjernihan air lainnya yang sederhana. Tidak perlu keluar banyak biaya dan bisa memakai peralatan yang ada di sekitar anda.

Model Sistem dan Teknik Penjernihan Air Sederhana

Saringan Pasir Lambat Dan Cepat

Dua teknik ini memanfaatkan media yang sama. Bahan yang diperlukan yaitu pasir dan kerikil. Dengan pasir yang paling lembut ditempatkan di bagian atas dan kerikil di bagian paling bawah. Usahakan memilih pasir dengan tingkat kelembutan yang paling halus sampai paling kasar. Yang paling halus tempatkan paling atas, urut ke bawah sampai paling kasar yang paling dekat dengan kerikil. Letakkan semua bahan ini berurutan di sebuah wadah, drum, atau tabung.

Perbedaan antara sistem saringan pasir lambat SPL dan saringan pasir cepat SPC adalah lokasi air masuk dan keluar. Jika SPL air masuk dari atas yaitu pasir halus, lalu turun ke bawah menuju pipa yang lokasinya sejajar dengan media penyaring kerikil. Sementara SPC air masuk dari pipa bawah atau yang sejajar dengan kerikil, lalu air menuju pasir halus teratas dan keluar dari sana. Jadi simpelnya, flow air SPL dari atas ke bawah, sedangkan flow air SPC dari bawah ke atas.

Gravity Fed System

Sistem dan Teknik Penjernihan Air Sederhana

Sistem gravity fed merupakan gabungan dari sistem dan teknik penjernihan air sederhana SPL dan SPC. Minimal menyediakan 2-4 tabung. Tabung pertama untuk menampung sumber air yang belum disaring, bisa dihilangkan jika menggunakan pompa air, jadi langsung masuk ke tabung 2. Tabung 2 untuk SPC. Tabung 3 untuk SPL. Tabung 4 untuk menampung air hasil saringan.

Alurnya, sumber air yang masih keruh, kuning, kotor, dan berbau ditampung di tabung satu. Selanjutnya dipasang pipa di bawah untuk menyalurkan air ke SPC. Ingat SPC dulu ya yang flownya dari bawah ke atas. Lalu air hasil SPC menuju SPL yang flow air dari atas ke bawah. Kemudian hasilnya bisa keluar melalui pipa bawah SPL menuju tabung penampungan air bersih.

Teknik Penjernihan Air Mutakhir

Memang, sistem dan teknik penjernihan air sederhana ini juga dipandang masih belum cukup. Ini bergantung pada tingkat kerapatan pasir dan kerikil yang anda pakai. Tapi model sederhana seperti ini hanya sedikit yang memakai. Kebanyakan sekarang sudah beralih ke alat penjernih air modern dengan fungsi yang tidak hanya bisa menjernihkan air tapi juga membersihkan dari kuman dan membuat air tidak bau.

Filter air Nico Filter mampu melakukan tugas penyaringan ini dengan baik. Bahkan kami menggaransi air hasil keluaran tidak bau, tidak kotor dan tidak kuning selama 1 tahun. Media filternya juga bisa bertahan bertahun-tahun. Tertarik, segera hubungi kami melalui halaman kontak di atas.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *