Bahaya Botol Plastik untuk Kesehatan dan Solusi Filter Air

Bahaya Botol Plastik untuk Kesehatan dan Solusi Filter Air – Pemakaian botol plastik di Indonesia sudah cenderung meningkat setiap tahunnya. Data statistik ini sudah bisa dilihat dari pemakaian botol plastik setiap harinya melalui jumlah sampah yang cenderung naik khususnya di kota-kota besar. Untuk itu, perhatian akan botol plastik ini sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Perhatiannya bukan hanya pada solusi untuk mendaur ulang botol plastik saja, akan tetapi juga bagaimana caranya supaya penggunaan botol plastik ini bisa berkurang dan tidak terus bertambah setiap harinya. Dengan kata lain, kita harus bisa menekan penggunaan botol plastik supaya bisa lebih sehat dan bermanfaat bagi generasi penerus kita nanti.

Lagi pula, baru-baru ini ditemukan juga kalau botol plastik memiliki bahaya dan dampak tersendiri buat kesehatan. Kami pun merangkum tingkat dampak dari botol plastik tersebut dalam artikel ini sekaligus memberikan penawaran solusi untuk menekan tingginya penggunaan botol plastik sehari-hari.

Berikut adalah bahaya botol plastik untuk kesehatan dan solusi filter air untuk Anda

Bahaya Botol Plastik untuk Kesehatan dan Solusi Filter Air

Tentang botol plastik dan kandungannya

Botol plastik pada dasarnya aman jika digunakan dalam satu kali. Namun, pemakaian botol plastik akan menjadi tidak aman jika digunakan berkali-kali. Bahan yang digunakan dalam pembuatan botol plastik merupakan materi yang aman dalam batasnya sendiri. Jika batasnya ini sudah terlampaui, maka bukan tidak mungkin akan membahayakan tubuh dan kesehatan Anda. Selain tidak baik buat kesehatan, jika diteruskan juga tidak baik untuk lingkungan.

Dampak pemakaian botol plastik

Untuk itu, sebagaimana kami lansir dari healthmeup, kami akan mengulas bahaya botol plastik untuk kesehatan dan solusi filter air untuk menekan jumlahnya. Pembahasan ini akan kami pisah dalam dua sub judul berbeda supaya lebih jelas. Berikut dampak negatif dari botol plastik;

  1. Memicu terjadinya pubertas lebih dini pada anak perempuan
  2. Terjadinya diabetes
  3. Adanya masalah belajar pada anak
  4. Kanker payudara
  5. Kanker prostat
  6. Masalah kelebihan berat badan hingga obesitas
  7. Menurunkan jumlah sperma pada lelaki
  8. Menurunkan sistem imun atau kekebalan tubuh
  9. Memicu terjadinya masalah perilaku pada anak, dll

Zat kimia bernama phthalates yang terkandung dalam botol plastik ini juga menimbulkan dampak yang kurang baik seperti terjadinya kanker lever. Meskipun bahan kimia ini memang bisa membuat botol plastik terlihat lebih elastis.

Selain dampak negatif untuk kesehatan di atas, botol plastik juga tidak bermanfaat untuk lingkungan karena sangat sulit untuk diuraikan. Bayangkan jika setiap hari ribuan botol plastik terkumpul di Indonesia dan tidak dapat diurai. Sampahnya pun bisa terkumpul dan menggunung.

Solusi filter air

Untuk itu, rekomendasi penggunaan penyaring air sangat dibutuhkan. Filter air seperti Nicofilter akan membantu Anda untuk mendapatkan air sehat dan bersih tanpa harus menggunakan plastik. Anda bisa menggunakan gelas Anda untuk minum dan bisa dicuci setelahnya.

Jadi, dengan mengetahui dampak dan bahaya botol plastik untuk kesehatan dan solusi filter air di atas, Anda bisa jauh lebih pandai dalam bersikap pada alam.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *